Senin, 07 Maret 2011

11 Keuntungan emas dari ASI yang harus anda ambil


gotmilk
Banyak mama dan papa yang kurang menyadari pentingnya ASI, bahkan cenderung untuk mengambil ‘jalan pintas’ dengan memberikan susu formula bagi bayinya. Namun bila dijelaskan secara singkat, umumnya mereka akan takjub dan mau berusaha memberikan ASI untuk sang buah hati.

ASI dianjurkan siapa saja

Para dokter dan ahli kesehatan sangat menganjurkan agar sedapat mungkin bayi diberi ASI meskipun saat ini banyak sekali susu formula khusus untuk bayi yang beredar di pasaran.

Beberapa alasan mengapa sebaiknya bayi mengkonsumsi ASI

1. ASI adalah susu yang khusus di ciptakan untuk bayi. ASI mengandung seratus bahan yang tidak terdapat dalam susu sapi dan tidak dapat dibuat dalam laboratorium. Komposisi ASI selalu berubah untuk memenuhi kebutuhan bayi yang berubah-ubah, ada perbedaan antara kebutuhan pagi dan siang, antara bulan pertama dan bulan berikutnya.
2. ASI dapat dicerna dengan lebih baik. ASI dirancang untuk sistem pencernaan bayi manusia yang peka dan masih berkembang. Protein dan lemaknya lebih mudah dicerna oleh bayi daripada protein dan lemak susu sapi.
3. Mengandung lebih sedikit sodium & protein. ASI mengandung lebih sedikit sodium & protein daripada susu sapi sehingga lebih sedikit beban kerja pada ginjal bayi yang masih muda
4. Resiko alergi lebih rendah.
5. Tidak ada masalah sembelit atau diare. Karena ASI secara alami mempunyai efek laksatif, maka bayi yang minum ASI akan mudah buang air besar dan tidak terjadi sembelit. Meskipun sering buang air besar, jarang terjadi diare.
6. Kesehatan yang lebih baik bagi bayi. Setiap kali minum ASI si bayi mendapatkan satu dosis antibodi untuk mendukung daya tahan mereka terhadap penyakit.
7. Jarang terjadi kegemukan. Seringkali bayi yang mendapatkan ASI tidak segemuk teman seumurnya yang minum susu botol karena pada bayi yang menyusu ASI, nafsu bayilah yang mengatur jumlah susu yang diminum.
8. Perkembangan mulut yang lebih baik. Puting mama dan mulut bayi adalah pasangan yang sempurna. Dot pengganti puting yang paling ilmiah sekalipun tidak dapat memberikan latihan kepada rahang, gusi dan gigi bayi seperti yang mereka dapatkan dari puting mama nya.
9. Kemudahan dan biaya rendah. ASI selalu tersedia, siap dipakai, bersih dan selalu berada dalam suhu yang tepat dan tersedia dengan cuma-cuma.
10. Pemulihan yang lebih cepat bagi mama. Menyusui ASI akan membantu rahim untuk mengerut kembali ke ukuran sebelum hamil dengan lebih cepat dan mempercepat berkurangnya kelebihan berat tubuh akibat kehamilan.
11. Tercipta relasi yang kuat antara mama dengan bayi. Keuntungan yang paling berharga dari menyusui adalah ikatan yang terbentuk antara mama dengan anak.
“Kasih Ibu kepada Beta tak terhingga sepanjang masa, hanya memberi tak harap kembali, bagai sang surya menyinari dunia…”
Demikian hal-hal yang mungkin dapat menjadi pertimbangan anda sebagai mama atau calon mama untuk memberikan ASI kepada bayi anda.

0 komentar:

Posting Komentar